Xbox dan PlayStationXbox dan PlayStation

Walaupun terdapat banyak game baru dengan grafik, alur cerita, dan gameplay yang bagus, namun gamer lebih suka memainkan game yang sudah ada sejak enam tahun lalu atau lebih.

Meskipun game-game seperti Spider-Man 2, Starfield, dan The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom telah dirilis, pemain Xbox, PlayStation, dan Nintendo Switch lebih memilih untuk menghabiskan waktu mereka dengan game lama seperti Grand Theft Auto (GTA) 5 dan Fortnite.

Menurut laporan dari analis pasar video game Newzoo, pasar game PC dan konsol mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2023, mencapai pendapatan sebesar USD 93,5 miliar atau sekitar Rp 1,4 kuadriliun.

Baca Juga : Wow! Banyaknya Pemain Curang dalam Game Minecraft

Kunjungi Juga : perancatoto

Meskipun demikian, hanya sedikit penerbit dan pengembang game yang benar-benar merasakan dampak positif dari pertumbuhan ini.

Data dari Newzoo menunjukkan bahwa 10 game teratas di setiap platform tidak didominasi oleh game-game baru dengan kualitas yang unggul. Sebaliknya, game-game seperti Fortnite mendominasi posisi teratas di semua platform gaming.

Berikut adalah daftar game yang banyak dimainkan oleh gamer di setiap platform:

Game PC Fortnite Roblox Minecraft Counter-Strike 2 & GO The Sims 4 Call of Duty: Modern Warfare II/III/Warzone 2.0 League of Legends Valorant GTA 5 Rocket League Game PlayStation Fortnite GTA 5 Call of Duty: Modern Warfare II/III/Warzone 2.0 EA Sports FC 24 Roblox Rocket League Minecraft Tom Clancy’s Rainbow Six: Siege Apex Legends Fall Guys Game Xbox Fortnite Call of Duty: Modern Warfare II/III/Warzone 2.0 GTA 5 Minecraft Roblox Tom Clancy’s Rainbow Six: Siege Rocket League Starfield Apex Legends FIFA 23 Game Nintendo Switch US & UK Fortnite The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom Super Mario Bros Wonder Mario Kart 8 Minecraft Pokemon Scarlet/Violet Fall Guys Animal Crossing: New Horizons Hogwart Legacy Super Smash Bros Ultimate

Dari data tahun 2023 di atas, terlihat bahwa game multiplayer online lebih diminati daripada game single player. Kebanyakan game dalam daftar memiliki fitur bermain online yang memungkinkan pemain berinteraksi satu sama lain secara daring.

“Semakin sulit untuk mempertahankan basis pemain suatu game, terutama di era di mana game-game dengan konten kuat dan daya tarik yang besar menguasai pasar,” kata Newzoo dalam laporannya.

Sumber : DetikInet

Kunjungi Juga : perancatoto

By Rara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *